Lurah Ini Sediakan Bantuan Hukum untuk Warga Miskin PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 12 April 2017 08:43

TENGGARONG – Lurah Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Ambo Dalle menjalin kerja sama dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Cabang Kukar. Nantinya, warga yang tengah tertimpa permasalahan hukum bisa mendapat pendampingan.
Kelurahan Loa Ipuh Darat menjadi satu-satunya kelurahan yang menawarkan bantuan hukum kepada warganya yang kurang mampu. Masyarakat yang meminta pendampingan hukum cukup menunjukkan surat tidak mampu dan terdaftar sebagai penerima beras miskin.
“Hari-hari masyarakat tidak mampu dihadapkan realitas, jika hanya orang kaya saja yang mendapatkan pendampingan hukum dari pengacara. Padahal masyarakat miskin juga ingin mencari keadilan, akan tetapi dihadapkan tidak mampu untuk membayar jasa pengacara. Kami hadir untuk membantu masyarakat miskin,” kata Ketua Posbakumadin Kukar, Nove Yohanes kepada Koran Kaltim usai sosialisasi di hadapan masyarakat Kelurahan Loa Ipuh Darat, Selasa (11/4).
Nove menambahkan, pemberian pendampingan hukum gratis bagi masyarakat miskin sudah diatur melalui UU 16/2011 tentang Bantuan Hukum. Ia berharap kerja sama yang di awali di Kelurahan Loa Ipuh Darat ini bisa lebih luas.
“Pemkab Berau Berau sudah melakukan MoU dengan Posbakumadin Berau. Di Kukar berawal dari Keluarahan Loa Ipuh Darat dan mudah-mudahan nantinya bisa sampai tingkat kabupaten,” ujarnya.
Luarah Loa Ipuh Darat, Ambo Dalle mengatakan, sosialisasi pendampingan hukum bagi masyarakat miskin sangat besar manfaatnya.
Ia berharap kerja sama bantuan hukum gratis ini bisa direspon oleh seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Tenggarong
“Jika masyarakat melakukan sewenang-wenang tanpa pertimbangan hukum, maka masyarakat sendiri yang akan dirugikan. Kami mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan jasa pelayanan hukum gratis yang diberikan Posbakumadin Kukar ini,” ujarnya.